Tuesday, December 8, 2009

Suzuki GSX-R1000 full racing specs

Well,… gue diberi kesempatan untuk menjajal bikez ini… dan memang .. bikez ini nggak main-main… alias bukan untuk pemula … !!! Apalagi Gixxer ini… telah dilengkapi dengan berbagai partz racing seperti Sato MotoGP exhaust Full System, BMC Air Filter, Power Commander 3 etc… so tinggal betot .. so bablaaaz angineee… !!! Standard aza motor berlambang S ini… sanggup memuntahkan power 178HP pada 12 rebu RPM … !!! Torsinya pun dalam keadaan standar pun bisa mengeluarkan sekitar 120 Nm… !!! Apalagi ini dalam keadaan full racing specs … !!! :D

Masukkan kunci,.. kemudian engine switch on… tekan electric starter.. dan brrruuuum … engine pun menyalak… !!! Ogh yaaa.. kalau gear ndak dalam keadaan netral… ndak mau distarter… (in case of standard samping masih turun red.)… !!! Melihat panel indicator… yang membuat gue perlu penyesuaian adalah indicator temperatur yang menggunakan derajat fahrenheit … !!! Soaleee gue terbiasa dengan indicator celcius (seperti di Ducati ataupun Aprilia red.)… lha maksimumnya sekitar 120 derajat celcius… disarankan motor ini dimatikan.. kalau nggak mau overheat… !!! Lha tinggal ngitung.. berapa fahrenheit itu… equivalennya … !!!

Sebelum memasukkan gigi,… motor Suzuki ini relatif mempunyai seat height yang lebih rendah… dibandingkan dengan kompetitornya … !!! Yup.. cuma sekitar 81 cm… dan otomatis kedua kaki gue … dapat menjangkau aspal … !!! Masukin gigi 1,… jangan sekali-kali betot gazzz seperti betot gaz motor bebek… ini motor pasti langsung melesat… !!! Gue mulai membuka throttle perlahan dan melepas kopling secara penuh kelembutan… !!! xixixi

Mulai deeegh… gue ngetest bejek di gigi 1… !!! Ternyata motor ini sangat cepet untuk naik… gue betot teruz… dan sampai 100 km/h dan gaz belum habizzz… !!! Dan gue langsung ngoper ke gigi 2,… dan praktis untuk didalam kota Jakarta,… motor ini terlalu besar powernya … !!! Gue coba bawa motor ini pelan… sekitar 40 – 50 km/h… duuugh ndaaak enak banget… mungkin identik kalau kita bawa motor bebek … kecepatannya 5 km/h … !!! Terasa ada yang ganjeeel… !!!

Secara handling,… gue nggak mengalami kesulitan dalam mengendarai Gixxer ini… soale sepintas mirip banget dengan riding positionnya Aprilia RS250 … !!! Dalam mengendarai bikez ini… posisi badan… pandangan mata… sangat mempengaruhi dalam menaklukkan jalan ibu kota… !!! Gue kudu fokus dalam masalah traksi… racing line… braking point… coz kalau salah mengantisipasi… motor dengan power besar ini… bisa celaka si riderznya… !!!

Sepanjang jalan,… setelah gue mengenal ‘watak dan karakter’ bikez ini… gue coba melakukan manuver-manuver… ntah ngelibaz sudut sempit… menaklukkan tikungan etc… dan bikez ini akan menurut apa yang kita perintahkan… sepanjang perhitungan dan teknik riding kita cukup jitu dan matang … !!! Ogh yaa,… peranan ban cukup penting… jika ban itu telah getas… akan sangat beresiko ndlozooor …. soalnya power sangat besar… kalau grip ban nggak bisa megang… yaagh siap-siap aza untuk ndlozooor… !!!

Lha teruz … gimana kalau macet… ??? Yaang pasti seh… gue bawa motor ini pakai celana wear pack kulit… !!! Coz terasa banget… desiran hawa panas… ke arah kaki dan paha… !!! Belum lagi… dibelakang foot step sudah ada knalpot… yang ngirim juga hawa panas… !!! Jika sudah sampai pada suhu 220an derajat fahrenheit… kipas akan otomatis nyala… !!! Dan ini cukup membantu… beda dengan Aprilia RS250 yang nggak ada kipas… jadi lebih deg-degan … !!!

Last,… jika bawa motor sekelas ini di jalan raya… jangan sekali-kali pengen tahu top speed… !!! Coz di jalan raya… bukan laagh circuit… apalagi dengan data 1/4 milez dapat ditempuh dalam waktu hanya 9.79 detik… pada kecepatan 148 miles per hourz… dan motor Gixxer K5 yang gue test ini… pernah menjuarai WSBK dengan ridernya Troy Corser… apa masih kurang yakin… ??? :P

Appendix :


No comments:

Post a Comment